Kebakaran Pasar Gembrong Timbulkan Duka Lara

Indah tak kalah kagetnya saat keponakan suaminya mengabarkan Pasar Gembrong dilalap api besar, Minggu malam, 24 April 2022. Wanita yang tinggal di kawasan Cipinang Besar Selatan ini langsung bergegas ke lokasi.

Karena di dekat lokasi kebakaran, ayah dan adiknya tinggal. Ia khawatir rumah ayah dan adiknya juga dilalap ayam jago merah.

Prediksi indah itu benar. Rumah ayah dan adiknya kini telah rata dengan tanah. Apalagi posisi rumah adiknya yang tidak jauh dari titik awal kebakaran yang menyebabkan kawasan Pasar Gembrong menjadi lautan api.

“Sudah kena, kempes. Tidak ada yang bisa diselamatkan, hanya baju di badan dan arsip,” kata Indah saat dihubungi ayamhalal.id, Senin (25/4/2022).

“Posisi hotspot lebih dekat dengan rumah kakak saya. Kedua pintu itu dari lokasi kejadian. Orang-orang di depan mata kejadian,” imbuhnya.

Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik itu tidak bisa dikendalikan warga. Karena posisi listrik di lantai dua rumah ibu inisialnya R.

“Konsleting listrik. Posisi listriknya di atas. Jadi susah dipadamkan,” imbuhnya.

Kini para korban kebakaran Pasar Gembrong harus menjalani hidup di pengungsian. Mereka harus hidup dalam kondisi yang memprihatinkan, apalagi saat cuaca hujan yang sering mengguyur Jakarta.

“Tenda di tenda cukup banyak. Ada tiga tenda. Ada 6 RT yang terkena kebakaran di satu RW, total yang terkena Rt 2 hingga 6. Tenda di Mpu Tantular mulai dari Rt 5 hingga Rt 6, sebagian mereka di dekat jalan tol Becak Kayu,” katanya.

Saat ini para korban kebakaran Pasar Gembrong membutuhkan bantuan berupa sandang dan pangan. Yang sangat dibutuhkan, kata Indah, adalah pakaian bayi dan balita.

“Yang dibutuhkan pengungsi kebanyakan anak-anak kecil, pakaian balita sangat minim. Bantuan yang diterima sebagian besar adalah pakaian dewasa. Karena balitanya banyak, belum termasuk orang dewasa yang banyak,” ujarnya.

“Makanan anak-anak seperti nasi dan ayam, susu ultra, minyak kayu putih, pampers juga dibutuhkan,” tambah Indah.

Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman sebelumnya mengatakan, kebakaran Pasar Gembrong menyebabkan 400 unit bangunan di lima RT di kawasan itu dilalap api. dalam api.

“Objek yang dibakar adalah 400 bangunan yang terdiri dari rumah dan toko di RT 2, RT 3, RT 4, RT 5, dan RT 6 RW 01,” kata Gatot, Senin (25/4/2022).

Gatot menjelaskan, penyebab kebakaran diduga akibat korsleting atau korsleting listrik yang terjadi di lantai dua rumah salah satu warga, Ibu R. Saat itu, pemilik rumah berteriak menginformasikan. dan meminta bantuan warga bahwa rumahnya terbakar.

“Warga berusaha memadamkan api, namun api cepat membesar dan menjalar ke sekitar karena bangunan di sekitarnya terbuat dari kayu,” katanya.

Gatot menjelaskan, Sudin Gulkarmat Jakarta Timur yang menerima laporan tersebut langsung menerjunkan 26 unit mobil pemadam kebakaran dan 130 personel ke lokasi kebakaran.

Selama tiga jam berjuang, dilaporkan api berhasil dilokalisir pada pukul 23.00 WIB. Selanjutnya, petugas fokus melakukan pendinginan hingga Senin pagi agar api tidak lagi muncul dan membesar.

“Api terlokalisir sekitar pukul 23.00 WIB. Situasi terakhir sudah mendingin,” katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di Pasar Gembrong tersebut. Namun, 450 keluarga (KK) atau 1.000 jiwa di 5 RT terpaksa mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

“Kerugian kebakaran ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar,” kata Gatot.

Sudin Sosial Jakarta Timur. (Sudinsos Jaktim) mendirikan tiga tenda pengungsian di sekitar lokasi kebakaran Pasar Gembrong, Jalan Basuki Rahmat, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial dan Penanganan Miskin Sudinsos Jakarta Timur, Ridwan mengatakan, sebanyak 450 kepala keluarga (KK) termasuk 1.500 warga dari RW 01 Kelurahan Cipinang Besar Utara terkena musibah kebakaran yang terjadi pada Minggu (4/04). 24/2022) malam itu.

Ada 1.500 Penduduk yang Terkena Dampak Kebakaran Pasar Gembrong

“Kami sudah berkoordinasi dengan kepala desa, diperkirakan ada 1.500 warga terdampak. Sejak Minggu malam kami sudah mendirikan tiga tenda pengungsi di lokasi,” kata Ridwan di Jakarta, Senin (25/4/2022).

Ridwan mengungkapkan, jumlah warga yang terdampak kebakaran belum bisa dipastikan karena proses pemadaman api oleh Sudin Gulkarmat Jakarta Timur masih berlangsung.

Sudin Sosial Jakarta Timur. juga telah memberikan bantuan berupa makanan sahur bagi para pengungsi atau warga yang terkena dampak kebakaran Pasar Gembrong.

“Kami sudah mendistribusikan 600 makanan siap saji, 600 air mineral dan lima dus biskuit kepada warga. Didistribusikan dari dapur umum Sudin Sosial Jakarta Timur,” kata Ridwan, seperti dikutip Antara.

Lebih lanjut Ridwan mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat terkait pendataan jumlah pasti warga terdampak bencana kebakaran untuk proses penyaluran bantuan.

“Pagi ini bantuan sandang dibagikan kepada warga. Untuk bantuan sembako, warga yang buka puasa dari Palang Merah Indonesia (PMI) menyatakan akan membantu kami,” kata Ridwan.

Warga Diberi Bantuan Modal

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi lokasi kebakaran Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Dia memberikan bantuan kepada warga dan pedagang yang terkena dampak kebakaran.

“Untuk warga yang terdampak akan segera kami lakukan. Untuk warga siapkan tempat penampungan sementara, sembako, makanan dan minuman disiapkan agar warga tetap bisa tinggal di sini, tidak terlantar,” kata Anies Baswedan, Senin (25/4/2022). ) ).

Anies melanjutkan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sudah menyiapkan catatan kependudukan warga. Semua dokumen yang hangus dilalap api segera disiapkan untuk menggantikannya.

Selain itu, para pedagang siap berjualan di area pasar. Ada 40 kios yang disiapkan sesuai dengan jumlah pedagang yang terdampak.

“Jumlah pedagang yang terdampak juga 40. Jadi insya Allah bisa langsung disiapkan di sana, ditambah lagi diberikan bantuan modal kerja bagi yang terdampak agar memiliki modal awal untuk memulai kembali, apalagi ini sudah dekat dengan pasar. akhir Ramadhan, di mana omzet ekonomi sebenarnya cukup tinggi,” katanya. .

Anies memastikan warga yang terkena bencana akan dibantu Pemprov DKI. Semua kebutuhan warga akan tercukupi.

“Jadi kami, Pemprov tidak akan membiarkan warga sendirian menghadapi bencana ini, kami akan mendampingi, membantu dan kami akan memastikan semua yang dibutuhkan bisa tercukupi,” pungkas Anies.

Pasar Gembrong yang menjadi tujuan anak-anak berburu mainan favoritnya kini telah rata dengan tanah. Tempat itu kini hanya tinggal kenangan akan keceriaan anak-anak membawa mainan, dan rengekan anak-anak yang diberi mainan oleh orang tuanya. Semua momen itu sirna saat bangunan itu ditelan oleh ayam jago merah.

Sumber Foto : liputan6.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.