Lidah Buaya Serta Manfaat Untuk Kesehatan, Penasaran?

Lidah buaya atau aloe vera banyak diolah menjadi produk kecantikan dan digunakan sebagai masker rambut atau wajah. Tanaman ini juga sering digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Ternyata, lidah buaya juga efektif untuk kesehatan jika dikonsumsi langsung dalam bentuk jus. “aloe vera mungkin tampak seperti tidak ada yang istimewa, tetapi sebenarnya dapat memberikan banyak manfaat,” kata ahli gizi Beth Czerwony.

Lebih baik digunakan sebagai jus daripada obat topikal

Untuk membuat jus lidah buaya, ambil beberapa daun sehat dan matang dari tanaman lidah buaya. Setelah itu, potong daun aloe vera dengan hati-hati. Ekstrak gel lidah buaya dan campur dengan air. Mengapa jus lidah buaya, yang mudah dibuat, menawarkan begitu banyak manfaat kesehatan? Czerwony mencatat bahwa, tidak seperti lotion berbasis aloe vera, jus lidah buaya tidak diencerkan oleh bahan kimia, wewangian, atau zat lain. “Jus aloe vera sendiri jauh lebih manjur,” katanya. “Kita akan mendapatkan manfaat lebih dari jus aloe vera daripada menggunakan lidah buaya sebagai obat topikal.”

Manfaat jus lidah buaya

Berikut sejumlah manfaat yang ditawarkan oleh jus lidah buaya:

1. Minuman rendah kalori dan rendah gula

Tidak semua jus di pasaran memiliki persentase buah asli yang tinggi dan terkadang ditambahkan gula. Dibandingkan dengan kebanyakan jus, jus lidah buaya adalah minuman yang lebih sehat. Menurut Czerwony, satu porsi (236 mililiter) jus aloe vera tidak tinggi protein, lemak atau karbohidrat, hanya mengandung delapan kalori dan rendah gula. “Jus ini relatif netral. Jusnya bisa langsung kita minum, atau jusnya dimasukkan ke dalam smoothie,” ujarnya.

2. Membantu membersihkan kulit

“Jika kita minum jus lidah buaya, kita terhidrasi,” kata Czerwony. “Jus aloe vera akan memberikan kelembapan ekstra pada kulit, sehingga risiko terkena jerawat menjadi lebih kecil.”

3. Meredakan sembelit

Tekstur jus lidah buaya dapat mempengaruhi konsistensi tinja, melunakkan tinja dan mengurangi kemungkinan sembelit.

4. Mengurangi sakit maag

Refluks asam atau mulas terjadi ketika asam di lambung naik ke kerongkongan. Hasil dari sebuah penelitian kecil tahun 2015 menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat mengurangi beberapa asam di perut yang menyebabkan mulas.

5. Jaga kesehatan mata Anda

Jus lidah buaya dikemas dengan beta-karoten, antioksidan yang sering ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning. Saat kita meminum jus aloe vera, tubuh mengubah beta karoten dalam jus menjadi vitamin A yang berperan dalam menjaga kesehatan mata.

6. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tertentu

Jus lidah buaya mengandung vitamin C, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, serta kalsium dan magnesium. “Banyak orang yang mengalami nyeri otot sering kekurangan kalsium dan magnesium,” kata Czerwony. “Minum jus aloe vera dapat memenuhi kebutuhan mineral ini jika kita hanya mengonsumsinya dari makanan dalam jumlah sedikit.”

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi lidah buaya

Czerwony menyarankan untuk membatasi jus lidah buaya hingga satu cangkir sehari. “Minum lebih banyak tidak selalu memberi kita lebih banyak manfaat,” katanya. Jika Anda belum pernah mengonsumsi jus aloe vera sebelumnya, cobalah mulai dengan minum dalam jumlah yang lebih sedikit untuk melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap minuman tersebut. “Mulailah perlahan karena kita tidak tahu bagaimana tubuh akan merespon jus lidah buaya,” catat Czerwony.

Baca Juga : RI Larang Ekspor Bahan Baku Minyak Goreng

Pelajari juga mengapa kami memutuskan untuk minum jus aloe vera. “Hasil akhir apa yang kita harapkan? Beberapa orang ingin sehat, tetapi apa artinya itu?” kata Czerwony. “Beberapa orang ingin minum jus lidah buaya karena penuh dengan antioksidan, vitamin C, vitamin A, beta-karoten dan semua nutrisi yang baik. Mereka menginginkannya dalam makanan mereka. Masuk akal.”

Bisa diminum setiap hari

Czerwony mengatakan bahwa jus aloe vera aman untuk diminum setiap hari. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, jus ini bisa menyebabkan kram atau diare dan akhirnya memicu ketidakseimbangan elektrolit. “Jika kita memiliki beberapa masalah pencernaan, kita harus minum jus lidah buaya setiap dua hari sekali, atau setiap tiga hari sekali,” lanjutnya.

Alangkah baiknya jika kita bisa memantau bagaimana kondisi tubuh kita setelah meminum jus lidah buaya. “Jika Anda minum jus aloe vera setiap hari selama berminggu-minggu dan tidak melihat manfaatnya, jangan lakukan itu,” kata Czerwony. “Jangan mengambil sesuatu yang ekstra ke dalam tubuh jika itu tidak menguntungkan kita.” Terakhir, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan pola makan yang drastis, seperti menambahkan jus lidah buaya ke dalam diet harian Anda.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.